Mencegah rambut rontok menggunakan telur ayam

Wednesday, February 12, 2014 oleh Nofrizal Osri
Badandensehat - Rambut rontok sangat sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kadang-kadang kita yang sering mendengar masalah orang lain ini, masih saja kita anggap sepele. Namun, jika kondisi rambut yang sering rontok diibaratkan sekarang menimpa diri kita, dan kita telah berganti-ganti sampo, cara modern sampai tradisional pun juga tidak bisa maka ini akan jadi suatu pelajaran bagi yang masih belum kena masalah rambut rontok.
sumber:google.com

Artikel ini dibuat untuk mengingatkan kepada orang-orang yang belum mengalami rambut rontok dan mengajaknya mulai dari sekarang untuk menjaga kesehatan rambutnya. Menjaga kesehatan rambut ada dua jenis, satu cara tradisional dan kedua cara modern. Baiklah disini akan dibahas tentang cara yang murah meriah, dilakukan rutin setiap hari untuk menghadapi kemungkinan tidak normalnya rambut yang lepas dari kepala setiap hari.

Pasti, telur ada dimana-mana, bukan telur itu ay....Setelah saya juga baru tahu ternyata rambut terdiri dari protein dan asam amino. Lalu apakah gunanya telur bagi rambut. Telur sendiri mempunyai zat yang namanya protein, vitamin, dan asam amin. Jadi musti makan telor tiap hari? Ih.. bau kentutnya minta ampun...Walaupun begitu telur dapat dijadikan solusi alternatif pencegahan untuk berjaga-jaga datangnya masalah rambut rontok.

Tidak diragunakan lagi, telur mampu membuat rambut kuat, mencegah kerusakan, memberikan kelembutan, membantu dalam pertumbuhan rambut juga. Untuk pencegahan rambut rontok, telur bisa digunakan baik secara internal maupun eksternal. Selain itu telur juga mampu mengembalikan minyak alami bagi rambut dan kulit kepala. Dan anda pasti tahu itu bahwa telur sekarang populer dalam mencegah kerontokan.

Manfaat dari nutrisi yang dikandung telur untuk pertumbuhan rambut.
Telur secara garis besar mengandung semua vitamin, mineral, dan protein kecuali vitamin C. Nutrisi berikut inilah yang mampu mencegah rambut dari kerontokan.

1. Asam lemak - terdapat pada kuning telur. Gunanya menutrisi kulit kepala sehingga mampu memerangi ketombe, kulit kepala bersisik dan psoriasis. Selain itu kuning telur dapat membuat rambut jadi berkilap, halus, dan mencegah rambut patah.

2. Lesitin - masih pada kuning telur, lesitin ini membantu mengurangi rambut kusut dan mencegah rambut menjadi rapuh, mencegah rontok dan menghaluskan rambut juga.

3. Vitamin A - kuning telur juga memiliki vitamin A berguna untuk menghasilkan sebum. Sebum berguna untuk mengendalikan ketombe. Vitamin A mencegah kulit kepala mengalami kekeringan juga.

4. Vitamin D - Baik juga untuk pertumbuhan tulang karena vitamin D terkandung dalam kuning telur. Vitamin D meningkatkan tekstur rambut sehingga membuatnya halus dan mudah diatur.

5.  Vitamin E - Selain membantu pertumbuhan rambut, vitamin e juga melindungi rambut melawan sinar ultra violet dan polusi.

6. Vitamin B - didalam telur terdapat vitamin B1, B2, B12, biotin, kolin, asam pantotenat dan niasan menjaga rambut agar selalu sehat. Niasin membantu meningkatkan metabolisme energi sel, sehingga merangsang pertumbuhan rambut. Rambut yang tipis diduga karena kekurangan niasin. Kolin berperan mencegah rambut rontok dan kebotakan. Asam pantotenat mencegah munculnya uban pada usia dini.

7. Biotin atau Vitamin B7 - membantu memperbarui folikel dan akar rambut yang sudah tumbuh, sehingga biotin bermanfaat untuk mempertahankan akar rambut agar tetap kuat.

Telur merupakan sumber kaya mineral tertentu seperti sulfur , seng, besi , fosfor , yodium, kalsium , magnesium , natrium dan kalium . Semua elemen ini mencegah rambut rontok dengan memperkuat rambut . Sulphur dalam kuning telur menjaga kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut .

Putih Telur : Putih telur adalah salah satu sumber protein yang terbaik . Protein membuat folikel rambut lebih kuat . Mereka juga mengandung folat dan mineral lain yang merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok . Asam folat atau vitamin B - 9 sangat diperlukan untuk rambut sehat . Asam folat menginduksi pertumbuhan sel-sel darah merah dan membantu dalam pembelahan sel . Oleh karena itu membantu dalam mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Putih telur mengandung lebih dari 50 % dari protein dalam telur.

Cara menggunakan telur untuk pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.
Ada dua cara dalam penggunaan telur ayam sebagai solusi alternatif mencegah rambut rontok. Pertama, dilakukan pada saat anda sedang diet. Tujuannya adalah agar semua manfaat gizi telur terserap sempurna oleh tubuh. Kedua, gunakan kuning telur pada rambut, kuning telur ini bertindak sebagai emulsifier dan membantu juga menembus folikel kulit kepala dan rambut.

Setelah menggunakan cara yang kedua ini, harap cuci rambut dengan air dingin. Gunakan sampo untuk mencuci bersih setelah menggunakan masker telur pada rambut.

No comments:

Post a Comment