Makanan pengganti nasi untuk diet yang baik rendah GI

Tuesday, February 11, 2014 oleh Nofrizal Osri
Badandensehat - Makanan pengganti nasi untuk diet yang baik rendah GI. Khusus bagi kakak atau pacar tersayang yang lagi menerapkan diet sehat. Nasi putih harus dihindari karena mengandung indeks glikemik yang tinggi. Biasanya nasi putih memiliki GI sekitar 88-89. Apa itu GI (glycemic index)? GI adalah ukuran atau nilai efek dari karbohidrat terhadap tingkat gula darah. 

Jika selalu memakan makanan yang memiliki kadar GI tinggi, peluang terkena penyakit obesitas dan diabetes adalah sangat tinggi. Manfaat mengurangi makanan tinggi GI adalah mengurangi produksi insulin oleh pancreas, selain itu juga memperpanjang fungsi dan menghambat berkembangnya diabetes. 

Jadi alasan menghindari makanan GI tinggi dari nasi putih adalah untuk menghindari pecahnya karbohidrat dengan cepat sehingga melepaskan glukosa ke aliran darah yang menyebabkan tingginya gula darah sehingga berakibat kegemukan dan pada tingkat lebih lanjut terjadi obesitas dan diabetes.

Melakukan diet bagi wanita memang sangat penting karena dengan penampilan yang lansing selain menambah percaya diri, para wanita juga mengidamkan ingin memakai pakaian yang agak mini.  Sesuai tingkat GI pada makanan maka terdapat tiga level yaitu Tinggi, Sedang, dan Rendah. Berikut ini rinciannya.
  • Tinggi GI, skor 70 + ; contohnya: nasi putih, roti putih, kerupuk, dan minuman manis.
  • GI sedang, skor 59-69 ; contohnya: pisang, anggur, spaghetti, dan jagung rebus.
  • Rendah GI, skor  55 - ; contohnya: oatmeal, kacang, kacang polong, wortel, dan kacang merah.
Apakah perlu menghitung kalori saat diet? Tidak, cukup makan makanan yang bervariasi saja tanpa harus menghilangkan semua makanan karbohidrat setiap hari. Yang penting dilakukan adalah anda harus selektif terhadap nilai indeks glikemik yang akan dimakan. Jadi pada saat diet yang boleh dimakan lebih banyak adalah makanan yang rendah GI dan yang tinggi GI dikurangi. Daftar dibawah ini dapat dijadikan panduan menyusun menu makanan diet sehat setiap hari.
  • Fokus pada sereal sarapan dari gandum dan barley.
  • Kurangi makan kentang.
  • Makan banyak buah-buahan dan sayuran.
  • Hindari makan yang berbau beras seperti nasi, pasta, dan mie.
Studi dari diet indeks glikemik tidak menunjukkan adanya risiko kesehatan khusus untuk mengikuti diet. Tapi mungkin masalah baru akan muncul karena anda hanya mengacu pada indeks GI nya saja dan jika makanan yang rendah GI memiliki kalori tinggi, gula tinggi dan lemak jenuh, dapat dipastikan dimasa yang akan datang muncul masalah baru lagi, bukannya mencegah tapi memupuk penyakit baru lagi.

No comments:

Post a Comment